Beranda » Artikel » 10 Tips Menjadi Tour Leader Umroh bonus Sertifikasi BNSP

10 Tips Menjadi Tour Leader Umroh bonus Sertifikasi BNSP

T 22 Mei 2020 F Kategori ,

Berikut dalam artikel ini akan dijabarkan mengenai tips menjadi tour leader bahkan memiliki sertifikasi dari BNSP. Merebaknya travel umrah di Indonesia karena menjadi wadah dari sangat banyaknya peminat masyarakat akan ibadah umrah, terutama setelah menyadari bahwa antrian ibadah haji reguler memiliki masa wating list yang sangat lama sehingga bagi sebagian orang merasa perlu bahkan wajib harus sampai ke Baitullah terlebih dulu melalui perjalanan ibadah umrah. Melihat fenomena tersebut tentu menjadi peluang besar bagi jamaah yang turut ingin menjadi pemimpin perjalanan (tour leader).

 

Tips Menjadi Tour Leader Umroh Profesional Sertifikasi BNSP

1. Mulai dengan Menjadi Marketing

Sebaiknya dimulai profesi tour leader dengan menjadi seorang marketing. Mengapa ? Karena saat menjadi marketing kita akan banyak mengenal istilah-istilah yang ada di lingkungan perusahaan travel umroh. Apa saja itu ?

Misal : cara pendaftaran jamaah, surat rekomendasi pengurusan pasport untuk ke kemenag maupun untuk imigrasi, kemudian kita mengetahui seperti apa fisik pasport, buku suntik vaksin meningitis, kita mengenal apa itu PNR, visa, e-tiket, boarding pass, manifest, roomlist, itinerary, asuransi, dll. Semua itu dapat kita ketahui apabila kita pernah minimal menjadi marketing, lebih baik jika pernah menjadi staff atau masuk di manajemennya.

2. Pernah Umroh Minimal 2 kali Perjalanan

Akan hafal jalur perjalanan, hafal tempat yang disinggahi, mengetahui apa saja yang harus dipelajari. Diharapkan ke depannya mampu memberikan penjelasan meskipun hanya sedikit-sedikit kepada jamaah terkait tempat-tempat tujuan city tour selama di Mekah dan Madinah, walaupun secara mendetailnya biasanya ini akan dijelaskan oleh Local Guide atau lebih sering disebut Muthawif.

3. Mengerti Dasar-dasar Percakapan 3 Bahasa

Sangat disarankan mengerti percakapan 3 bahasa, minimal dasar-dasarnya.. menjadi nilai lebih jika sudah expert. Tiga bahasa tersebut yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Arab fushah (formal/resmi), dan Bahasa Arab amiyah (pasaran). Ketiganya bisa kita pelajari lewat kursus, youtube, browsing, membaca buku, diskusi, dll.

Bahasa Inggris biasanya kita pakai saat bertemu sesama orang non arab yang tidak bisa bahasa arab. Atau kita gunakan saat di bandara Jeddah maupun Madinah, mengingat mereka para petugas biasanya lebih menduga kita pandai bahasa inggris ketimbang bahasa arab.

Sementara bahasa arab fushah biasanya kita pakai saat bertemu orang-orang formal seperti beberapa petugas bandara, petugas dari muassasah, mahasiswa, petugas hotel, juga masyaikh yang bertugas di masjidil haram dan masjid nabawi. Sedangkan bahasa arab amiyah adalah yang bakal paling banyak kita gunakan karena untuk bercakap dengan hampir setiap orang selama kita bermukim di Saudi. Seperti : supir, pedagang, objek city tour, dll.

4. Memahami Ilmu Manasik Umroh dan Praktek Amaliah Harian Seorang Muslim

Untuk dapat memahami ilmu manasik umroh, tentu kuncinya kita harus banyak belajar melalui sering ikut acara manasik, membaca buku, menonton Youtube, diskusi, dll. Praktek amaliah harian ini yang benar-benar dibutuhkan agar kita sinkron atas ucapan dan perbuatan bahkan hati. Jangan sampai kita mengajak jamaah pada suatu kebaikan sementara kita tidak melakukannya, apa contohnya ?

Misal : menyuruh jamaah untuk shalat berjamaah di masjid, namun kita nya malah shalat di kamar hotel tanpa alasan syar’i. Maka pelajari semua praktek amaliah sunnah nabi dari bangun tidur hingga mau tidur kembali, usahakan sampai kalau bisa orang lain melihat kita seperti melihat nabi. Wah. 🙂 Walaupun seorang Tour Leader tidak harus memiliki background seorang ustadz ya.. apalagi Ustadz Populer. Namun tentu kita sepakat bahwa mengamalkan sunnah-sunnah nabi sangat ditekankan untuk setiap muslim.

5. Menguasai Public Speaking

MasyaAllah ilmu public speaking ini pastinya kita tahu sangat dibutuhkan hampir di setiap pekerjaan terutama yang berhadapan langsung dengan ruang publik. Tour Leader setiap saat berhadapan dengan para jamaah umroh yang dibawanya, tentu menjadi tuntutan bahwa kita harus menguasai skill public speaking. Tidak harus ahli, minimal mau terus belajar memperbaiki kualitas diri. Okay ?

6. Rapi Administrasi dan Pengarsipan

Di samping kepribadiannya cakap dengan amaliah sunnah pada poin 5 tadi, seorang Tour Leader juga harus memiliki kepribadian rapi dalam hal administrasi. Bahkan semua A s.d. Z terkait administrasi harus terarsipkan jika ingin menjadi Tour Leader Certified BNSP karena masuk pada poin penilaian oleh Tim Asesor.

Contoh dari hal yang kelihatan sepele seperti Label Bagasi Koper dan Boarding Pass itu jangan sampai hilang meskipun sudah pulang sampai ke Indonesia. Apalagi yang lebih besar dan lebih penting dari itu.. semua harus terarsipkan rapi. Wajib, hehe.. itu jika mau ikut sertifikasi ya.. kalau tidak mau sih tidak apa-apa.

7. Melek Teknologi Masa Kini

Seorang Tour Leader masa kini alias di era digital hari ini, mesti melek terhadap teknologi. Misal mampu membaca Goole Map, tangkas mengoperasikan WhatsApp, lihai cara ambil kamera smartphone, dll. Bahkan akan menjadi nilai plus ketika kita mampu membuat video dokumentasi perjalanan meski sederhana, bisa menggunakan banyak aplikasi video editor yg ada di play store. Wah, pasti pihak travel akan semakin kesemsem deh sama mas tour leader. hehe.

8. Mengikuti Sertifikasi

Kalau poin 1 s.d. 7 di atas sudah, maka jangan lupa cari info tentang sertifikasi yang diadakan oleh lembaga atau asosiasi resmi yang bekerjasama legal dengan BNSP. Biasanya sebelum hari H sertifikasi, peserta akan diadakan pelatihan tour leader lagi, dan mendapat tugas menyiapkan semua berkas yang diperlukan, diantaranya sudah saya sebutkan di poin atas.

Lama pelatihan dan sertifikasi biasanya 2 s.d. 3 hari. Sertifikat nya biasanya akan dikirim ke alamat rumah atau kita ambil ke kantor sertifikasi setelah 30 hari. Selamat ya.. Anda sudah menjadi Tour leader resmi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Silahkan isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan update informasi jadwal sertifikasinya :

Formulir Pendaftaran Calon Peserta Sertifikasi Tour Leader BNSP

9. Memiliki Jiwa Pembelajar

Jangan mudah merasa cukup dengan pengetahuan yang sudah dimiliki, harus terus upgrade wawasan baik lewat internet, YouTube, komunitas, diskusi, membaca buku, medsos, dll.

10. Sehat Fisik

Karena bakal menggunakan 80% kekuatan fisik. Maka harus hobi olahraga minimal jalan kaki setiap hari 30 menit. Tour Leader sehat fisik, sebuah keharusan. Tour Leader sangat wajib kuat jalan kaki untuk kebutuhan : bolak-balik ke masjid (apalagi kalau jauh dari hotel), local tour (pengenalan seputar masjid dan sekitarnya), city tour, belanja kebutuhan jamaah, menemani jamaah berbelanja, dan banyak lagi kebutuhan aktivitas jalan kaki.

Okay semoga sukses untuk kita semua, jika ada yang kurang dari artikel di sini atau ada pertanyaan.. jangan sungkan untuk hubungi saya melalui halaman kontak. InsyaAllah artikel ini akan saya update terus.

11 Komentar untuk 10 Tips Menjadi Tour Leader Umroh bonus Sertifikasi BNSP

Silakan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

a Artikel Lainnya :

Obat Penunda Haid saat Umroh

Terlupakan ! Berikut 3 Hujjah Hukum Minum Obat Penunda Haid saat Umroh

T 17 April 2022 F A dianhendriyana

Pertanyaan masuk terkait obat penunda haid saat banyak, tentunya dari kalangan wanita. Terkait hukumnya, apabila sudah melakukan konsultasi dengan dokter dan dinyatakan tidak membahayakan dirinya, maka tidak mengapa apabila ingin menunda haid saat melakukan ibadah umrah dengan cara mengkonsumsi pil... Selengkapnya

Tahallul Awal Bolehkah Mencukur Rambut Sendiri

Tahallul Awal, Mencukur Rambut Sendiri Dilarang ?

T 17 April 2022 F A dianhendriyana

Tidak sedikit pertanyaan masuk terkait hukum tahallul awal atau mencukur rambut sendiri saat umroh pertama. Bagaimana status hukumnya, apakah boleh atau terlarang ? Diantara pertanyaan : السؤال هل يجوز أن يقص الرجل شعره بنفسه للتحلل من العمرة وأيضا بالنسبة للمرأة... Selengkapnya

Berkas Syarat Sertifikasi Tour Leader Umroh Haji

8 Berkas Sebagai Syarat Sertifikasi Tour Leader Umroh Resmi BNSP

T 29 Mei 2022 F , A dianhendriyana

Sertifikasi Tour Leader Umroh belakangan ini semakin banyak dicari informasinya, hal itu tidak terlepas dari akan datangnya musim umroh pasca haji nanti atau awal muharram 1444 H. Dimana pihak travel pun akan lebih memprioritaskan para Tour Leader (TL) yang sudah... Selengkapnya

+ SIDEBAR
Jual Hewan Qurban Online Tahun 2020

Apabila travel Anda sedang membutuhkan Tour Leader, silahkan menghubungi kami. Semoga dalam keberkahan dari Allah ta'ala.